Jumat, 20 Maret 2015

Kepribadian Sehat Menurut Rogers

Tugas minggu ke-4
Kesehatan Mental


A.  Carl Rogers

Carl Rogers dilahirkan di Oak Park, Illinois, Amerika Serikat pada tanggal 8 Januari 1902. Rogers meninggal dunia di San Diego, California, Amerika Serikat pada tanggal 4 Februari 1987.
Carl Rogers adalah seorang psikolog yang terkenal dengan pendekatan terapi klinis yang berpusat pada klien. Rogers beranggapan bahwa manusia pada dasarnya baik atau sehat. Rogers memandang kesehatan mental sebagai proses perkembangan hidup alamiah.

B.   Kepribadian Sehat Menurut Rogers

Pribadi yang sehat adalah pribadi yang mampu merasakan keseluruhan emosi baik kebahagiaan maupun kesedihan.

1.     Perkembangan Kepribadian “self”
Menurut Rogers adalah bagian sadar dari ruang fenomenal yang disadari dan      disimbolisasikan, dimana “aku” merupakan pusat referensi setiap pengalaman.
Konsep diri merupakan bgian inti dari pengalaman individu yang secara perlahan dibedakan dan disimbolisasikan sebagian bayangan tentang diri yang mengatakan “apa dan siapa aku sebenarnya” dan “ apa yang sebenarnya harus saya perbuat”.
Self concept adalah kesadaran batin yang tetap, mengenai pengalaman yang berhubungan dengan aku dan membedakan aku dari yang bukan aku.

2.     Peranan Positive Regard dalam Pembentukan Kepribadian Individu
Setiap manusia memiliki kebutuhan basic akan kehangatan, penghargaan, penerimaan,pengagungan, cinta, kasih, dan sayang dari orang lain. Kebutuhan ini disebut “need for positive regard” yang terbagi menjadi 2 yaitu conditional positive regard (bersyarat), dan unconditional positive regard (tak bersyarat).

3.     Ciri-ciri Orang yang Berfungsi Sepenuhnya
Rogers mengemukakan lima sifat khas dari seseorang yang berfungsi penuh :
1)     Keterbukaan pada pengalaman
Seseorang tidak bersifat kaku dan defensif melainkan bersifat fleksibel,
Tidak hanya menerima pengalaman yang diberikan oleh kehidupan, tetapi dapat juga menggunakannya dalam membuka kesempatan lahirnya persepsi dan ungkapan baru.  
2)     Kehidupan eksistensial
Orang yang tidak mudah berprasangka ataupun memanipulasi pengalaman melainkan menyesuaikan diri karenakepribadian terus-menerus terbuka kepada pengalaman baru.
3)     Kepercayaan terhadap organisme orang sendiri
Bertingkah laku menurut apa yang dirasa benar, merupakan pedoman yang sangat diandalkan dalam memutuskan suatu tindakan yang lebih dapat diandalkan daripada faktor-faktor rasional atau intelektual.
4)     Perasaan bebas
Semakin seseorang sehat secara psikologis, semakin mengalami kebebasan untuk memilih dan bertindak.
5)     Kreativitas
Seorang yang kreatif bertindak dengan bebas dan menciptakan hidup, ide dan rencana yang konstruktif, serta dapat mewujudkan kebutuhan dan potensinya secara kreatif dan dengan cara yang memuaskan.

REFERENSI
Jess, J. And Gregory,J.F.2009.Teori Kepribadian.
Jakarta: salemba humanika.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar