Selasa, 18 Maret 2014

Keterkaitan Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar

TUGAS 3


Matematika
Matematika berdasarkan etimologi berasal dari bahasa Yunani mathēmatiká, adalah studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Para matematikawan mencari berbagai pola, merumuskan konjektur baru, dan membangun kebenaran melalui metode deduksi yang kaku dari definisi-definisi yang bersesuaian. Matematika sendiri adalah ilmu murni yang merupakan ilmu yang mendasari berbagai macam ilmu lainnya, matematika diterapkan pada semua ilmu lain, baik dari ilmu yang bersifat pasti maupun tidak pasti, seperti dalam fisika untuk menghitung jarak, kecepatan, percepatan, daya, gaya, dan sebagainya.

Ilmu Alamiah Dasar Ilmu Alamiah Dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep dasar dalam ilmu pengetahuan alam, teknologi dimana manusia sebagai subjek pokoknya dan merupakan makhluk hidup yang paling tinggi kedudukannya. Ilmu alamiah hanya mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta,termasuk di muka bumi ini,sehingga terbentuk konsep dan prinsip. IAD hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.Ilmu alamiah dasar tidak bisa di lepaskan dengan ilmu social yang berarti sangat berkaitan dalam membentuk tingkah laku manusia. Bagaimana hubungan antar sesame manusia, cara pandang dalam menentukan norma-norma kehidupan bermasyarakat. Kaidah ilmu alamiah dasar sangat lekat dengan ilmu psikologi yang sama-sama membahas tentang bagaimana pola kehidupan individu dan elemen-elemen didalamnya.

Jadi keterkaitan matematika dan ilmu alamiah dasar adalah ilmu yang sama-sama merupakan ilmu kemampuan berpikir seseorang. Juga sama – sama merupakan ilmu yang bersifat pasti


Tidak ada komentar:

Posting Komentar